Tips Merawat Motor Matic

Sekarang ini anda bisa temukan banyak sekali motor matic di jalanan. Umumnya digunakan para perempuan, namun tak jarang para pria juga memilih menggunakan motor matic. Namun motor jenis ini pastinya memiliki banyak kekurangan dibandingkan dengan motor bebek, diantaranya adalah tidak bisa menahan beban yang terlalu berat dan bahan bakar yang sedikit lebih boros. 


Kelemahan-kelamahan tersebut terus diperbaiki oleh para produsen motor matic dengan mengeluarkan seri baru setiap tahunnya yang tentunya penuh dengan inovasi baru di dalamnya. Saat ini motor matic telah menjadi jenis motor paling laris di Indonesia mengalahkan motor bebek yang telah lama bercokol di Indonesia. 

Namun Motor yang cukup mudah dioperasikan ini memerlukan cara khusus dan tentunya juga agak berbeda dengan perawat motor gigi manual. Berikut ini beberapa tips perawatan motor matic yang bisa menunjang performa agar tetap awet.

1. Selalu panasi motor matic anda sebelum digunakan. Lakukan hal ini antara 5-10 menit sebelum siap dipakai.

2. Kondisikan kecepatan motor anda secara stabil. Jangan melakukan pengegasan yang   tiba-tiba. Demikian juga sebaliknya, jangan langsung menurunkan kecepatan pada saat anda berjalan dengan kecepatan tinggi.

3. Hindari tangki bahan bakar kosong. Segera lakukan pengisian bahan bakar bila bensin sudah mulai habis. Hal ini untuk menghindari terjadinya keausan mesin.

4. Ganti oli motor anda secara teratur.

5. Perhatikan juga kondisi ACCU dan businya. Ini merupakan komponen penting dari motor matic anda angar tidak mogok dan tetap nyaman dikendarai.

6. Periksa roler dan ventbeld. Segera ganti komponen ini bila sudah tidak layak. Pennggantian spare part apapun usahakan menggunakan spare part yang asli yang direkomendasikan.

7. Periksa ruang transmisi dan oli shockbreaker. Dalam ruang transmisi biasanya banyak debu yang menempel di sana. Selalu perhatikan dan bersihkan bila ruang transmisi sudah mulai kotor. Ganti juga Oli Shockbreaker secara berkala.

8. Servis motor matic anda secara berkala di bengkel resmi yang ditunjuk.
Tips Merawat Motor Matic Tips Merawat Motor Matic Reviewed by Prajnavati on 9:40 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.