Indahnya Pahatan Ayat Suci Al-Quran Terbesar di Dunia

Mendengar kata Museum, pasti yang terlintas di benak setiap orang adalah bangunan besar dengan banyak barang barang tua didalamnya. Ataupun suatu jenis tertentu dengan jumlah yang banyak. Maka anda perlu mengunjungi Museum Alquran al Akbar di Palembang.

Yang paling mengesankan dari museum ini adalah al-quran yang dinilai sebagai al-quran terbesar di dunia, yang di resmikan langsung oleh presiden SBY. 


Keindahan dari alquran ini semakin terlihat karena lembaran kaligrafinya di ukir langsung di kayu trembesi besar yang merupakan kayu khas palembang. penyusunannyapun tidak seperti alquran pada umumnya yang dibuat menjadi bentuk buku, Al-quran ini di buat seperti sebuah tembok besar yang terdiri dari lembaran kecil.


H Syofatillah Mohzaib, S.Sos I, pemilik Pondok Pesantren Al Ihsaniyah sekaligus pemrakarsa Museum Alquran Al Akbar, awalnya sekadar bermimpi membuat Alquran raksasa ketika menjadi seorang penulis kaligrafi di Masjid Agung Palembang pada 2000.

"Awalnya, ide membuat kaligrafi raksasa itu didapat saat Beliau sedang mengerjakan kaligrafi untuk dekorasi jendela di Masjid Agung Palembang. Bapak Haji Syofatillah ini bahkan pernah sampai bermimpi membuat Alquran raksasa saat tidur," kata Syafii Hasibuan, salah satu Pengurus Bayt Alquran, Selasa (8/3/2016).

Syofatillah Mohzaib yang ketika itu sudah menjadi dewan di DPR pun mencoba membagi mimpinya dengan Marzuki Ali yang sempat menganggap mimpinya mustahil dibuat. Tapi ini tidak membuatnya putus asa dan semakin menyemangati Syofatillah. Marzuki Ali bahkan berbalik mendukungnya.

"Kemudian Bapak Syofatillah membuat ukiran dari bambu kecil yang dibuat seperti Alquran. Dengan semangatnya, Beliau menunjukkannya ke Bapak Marzuki Ali yang kemudian menjadi donatur pertama," lanjut Syafii.

Dari sana, sejak 2002 sampai 2009, 30 juz Alquran telah berhasil dibuat. Alquran ditulis sendiri oleh Syofatillah dan disempurnakan oleh tim yang terdiri dari 30 orang untuk menggergaji, mengukir, sampai mengecat kayu.

"Pada 2012, museum ini diresmikan oleh presiden saat itu yaitu Bapak Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), dan dihadiri 51 perwakilan negara Islam dan dunia. Pada tahun itu juga, museum ini dinyatakan sebagai museum Alquran terbesar di dunia dan mendapat penghargaan rekor MURI sebagai museum Alquran terbesar di dunia," ungkap Syafii.

Indahnya Pahatan Ayat Suci Al-Quran Terbesar di Dunia Indahnya Pahatan Ayat Suci Al-Quran Terbesar di Dunia Reviewed by Prajnavati on 2:50 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.