10 makanan Penangkal Stres

Stres merupakan reaksi fisik dan psikologi yang normal terhadap banyak ‘tuntutan’ dan tekanan hidup yang selalu berubah dan tidak pernah berakhir. Karena stres merupakan reaksi yang normal, maka setiap orang pasti akan mengalaminya, baik itu orang dewasa, remaja, bahkan anak-anak.


Berbagai macam hal bisa menyebabkan stress. Tetapi persoalan yang biasanya menjadi penyebab stres adalah dikejar oleh batas waktu, berbicara di depan umum, berada di puncak kemacetan, terbelit masalah keuangan, keretakan hubungan.

berbagai cara dilakukan orang-orang untuk menghilangkan stres yang mereka alami. namun, setiap orang memiliki cara yang berbeda-beda.Salah satunya adalah dengan memakan superfood (menu yang terdiri dari kombinasi makanan bergizi) merupakan kunci untuk mendapatkan tubuh yang sehat. 

Selain bergizi tinggi, ia juga dapat menangkal stres pada diri kita. Tapi bagi Anda yang kurang suka mengonsumsi superfood, bisa mencoba alternatif lainnya, dan berikut adalah 10 makanan penangkal stres yang bisa anda coba.

1.Blueberry
Buah ini mengandung antioksidan yang dapat meningkatkan ‘perisai’ tubuh terhadap stres. Jadi jika kita merasa tertekan, cobalah untuk mengonsumsi blueberry.

2. Labu
Labu mengandung mangesium yang dikenal untuk meringankan depresi. Ia juga dapat membantu tubuh untuk mengatasi kelelahan dan perasaan cepat marah.

3. Kacang mede
Siapa sangka kalau makanan kecil ini dapat memberikan manfaat yang baik bagi tubuh. Kacang mede kaya akan seng. Seng inilah yang membantu kita untuk mengurangi kecemasan yang sedang terjadi.

4. Bayam
Bayam dan sayuran berdaun hijau lainnya mengandung folat. Lalu, folat ini akan menghasilkan dopamin (zat yang memicu rasa bahagia) di dalam otak kita. Dopamin inilah yang mempertahankan rasa tenang dalam diri kita.

5. Susu
Susu yang telah diperkaya dengan vitamin D, dapat meningkatkan rasa bahagia pada diri kita. Selain itu, susu juga dikenal untuk mengurangi serangan panik yang bisa terjadi pada kita.

6. Kacang pistachios
Selalu fokus pada hal negatif? Cobalah bersantai sambil memakan kacang ini. Pistachios juga dapat menurunkan tekanan darah dan detak jantung. Walhasil, tubuh pun akan semakin rileks.

7. Oatmeal
Menginginkan karbohidrat kala stres melanda? Buatlah sebuah oatmeal. Makanan ini ternyata lebih baik daripada karbohidrat lainnya, seperti donat. Oatmeal dapat membantu otak kita untuk memproduksi seratonin tanpa menambah gula darah kita.

8. Salmon
Ketika stres tubuh menghasilkan hormon kortisol (hormon yang memicu stres). Nah, antiinflamasi yang terkandung dalam salmon, dapat menangani efek negatif yang dihasilkan oleh kortisol.

9. Alpukat
Alpukat dapat membuat perut kita terasa penuh. Ia dapat menekan rasa ‘lapar mata’ yang terjadi ketika kita sedang stres.

10.  Yogurt
Apa stres Anda dibarengi dengan sakit perut? Bila iya, cobalah untuk mengonsumsi yogurt. Probiotik yang terkandung di dalamnya dapat membantu kita untuk melewati kondisi tersebut.
10 makanan Penangkal Stres 10 makanan Penangkal Stres Reviewed by Prajnavati on 7:45 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.