5 Gejala Sepele Tanda Penyakit Jantung

Jantung merupakan salah satu organ terpenting dalam tubuh. Organ berukuran sebesar kepalan tangan ini berfungsi memompa dan menyebarkan darah yang mengandung oksigen ke seluruh tubuh. Oleh karena itu kita perlu menjaga kesehatan jantung dengan baik.

WHO menyebutkan bahwa sakit jantung merupakan pembunuh no 1, dan telah merenggut banyak nyawa di seluruh negara. Biasanya jika seseorang sedang sakit akan muncul gejala tertentu termasukjuga penyakit jantung

Masalah jantung dapat terjadi diam-diam, dan tidak terduga. Walau sering kali ada informasi yang telah diberikan oleh tubuh, tak jarang hal itu justru diabaikan

Sebagai permulaan, selalu perhatikan tekanan darah dan Kolesterol. Demikian kata Paul Whelton, MD, seorang profesor epidemiologi di Tulane University School of Public Health.

Kemudian, waspada untuk satu atau lebih dari tanda-tanda potensi masalah sebagai berikut.


Nyeri dada atau nyeri otot

Apabila merasa otot di dada Anda tertarik, itu bisa jadi dasar yang menandakan Anda terkena penyakit kardiovaskular. Demikian kata Ashley Simmons, MD, seorang ahli jantung di Rumah Sakit Universitas Kansas. Jadi, pastikan untuk memberi tahu dokter Anda mengenai gejala ini.


Pusing

Merasa pusing bisa menjadi tanda dari adanya penyumbatan atau masalah terkait katup jantung, terutama jika disertai dengan perasaan bahwa jantung Anda berdebar (palpitasi). Demikian jelas Simmons.

Merasa pusing setiap kali Anda berdiri dengan cepat juga dapat menjadi tanda akan terjadinya gangguan jantung. Hal ini ditemukan dalam sebuah penelitian terbaru yang dilakukan University of North Carolina.


Sesak napas

Jika sebuah aktivitas ringan sudah membuat Anda sesak napas, padahal sebelumnya Anda mudah untuk naik dan turun tangga tanpa terengah-engah, bisa jadi itu berarti ada masalah pada jantung Anda.


Kelelahan atau sulit tidur

Banyak perempuan yang terkena serangan jantung merasa lelah selama minggu menjelang serangan. Mereka juga melaporkan "gangguan tidur," menurut sebuah studi dari University of Arkansas.


Merasa Mual

Gejala selanjutnya adalah penderita akan merasakan mual, hingga menurunkan nafsu makan
5 Gejala Sepele Tanda Penyakit Jantung 5 Gejala Sepele Tanda Penyakit Jantung Reviewed by Prajnavati on 7:56 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.