5 Tips Jitu Atasi Kecanduan Internet

Pada masyarakat modern internet telah menjadi sebuah kebutuhan bahkan menjadi sebuah gaya hidup. hal tersebut tidak dapat di pungkiri karena Internet telah membuat segala sesuatunya menjadi lebih mudah. 


Namun selain menyuguhkan sejuta manfaat, internet juga menyimpan bahaya seperti konten negatif. namun yang lebih parah adalah dapat menyebabkan penyakit mental yang cukup berbahaya yaitu kecanduan.

Nah, jika Anda termasuk orang yang mulai merasakan kecanduan internet, cobalah beberapa tips berikut untuk membebaskan diri dari kebiasaan kecanduan internet:


1. Cari tahu apakah kita seorang pecandu internet

Menentukan berapa banyak waktu Anda menghabiskan di internet per minggu. Jika Anda menghabiskan sepuluh atau kurang jumlah jam di internet dalam seminggu maka Anda tidak kecanduan. Jika Anda menghabiskan 11-15 jam di internet maka Anda juga belum termasuk kecanduan, namun mulailah mengurangi.

Anda agak kecanduan internet jika Anda menggunakan internet dalm waktu 16-25 jam. Lebih dari 25 jam, maka dapat dikatakan Anda sudah sangat kecanduan internet. Mulai batasi penggunaan internet atau berkonsultasi dengan psikolog jika kesulitan untuk membatasi keinginan menggunakan internet.

Perlu dicatat bahwa statistik ini tidak berlaku untuk orang-orang yang bekerja selama delapan jam sehari di kantor mereka.

2. Duduk dan bayangkan bagaimana kehidupan tanpa internet

Cara ini mungkin sangat penting untuk membantu kita untuk mengatasi obsesi terhadap internet. Cobalah untuk kembali ke periode hidup saat belum diperkenalkan dengan internet. Mulai sadari pula bahwa kita tak boleh menjadikan internet menjadi “jantung hidup”. Mulailah kembali pada kebiasaan yang dulu pernah kita lakukan sebelumnya, misalnya membaca koran melalui surat kabar untuk tetap mendapatkan informasi.

3. Mulailah mengunjungi teman dan keluarga sesering mungkin

Pergi keluar dan lakukan aktivitas nyata. Coba dan mulai untuk bertemu teman-teman dan keluarga sesering mungkin. Dengan menyempatkan waktu untuk bertemu orang-orang tersayang bisa mengurangi kecanduan terhadap internet.

4. Membuat rencana

Membuat jadwal harian dan menuliskannya di atas kertas bisa menjadikan salah satu cara untuk menguranginya. Membuat jadwal untuk menonton televisi, mengerjakan pekerjaan rumah tangga, membaca buku, memasak dan berbagai hal lainnya. Mulailah membuat kebiasaan seperti  pergi bersama teman ke sebuah taman untuk membaca dan berkumpul.

5. Pergilah untuk berlibur

Beri diri kita untuk beristirahat dan pergi untuk liburan dengan teman-teman dan keluarga. Tinggalkan ponsel untuk keluar dari internet. Ini akan menjadi aneh pada awalnya, tetapi kita akan merasakan dampaknya ketika kebiasaan baik itu sudah dimulai.


Walaupun tidak akan menjamin membuat Anda benar-benar tidak akan menggunakan internet, namun setidaknya Anda tidak akan terus menerus menggunakan internet sepanjang hari.

5 Tips Jitu Atasi Kecanduan Internet 5 Tips Jitu Atasi Kecanduan Internet Reviewed by Prajnavati on 5:46 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.