Tahukah Anda Bagaimana Hidung Kita Mendapatkan Bentuknya

ada banyak bentuk hidung yang dimiliki orang di dunia seperti mancung, besar, kecil dan lain sebagainya.

Sekarang, sebuah penelitian baru telah menemukan empat gen yang mengatur beberapa variasi dalam organ penciuman manusia.


Temuan-temuan baru dapat membantu para ilmuwan memahami akar variasi ini, kata para peneliti.

"Mencari tahu peran setiap gen dalam membantu kita untuk mengumpulkan jalan evolusi dari Neanderthal dengan manusia modern," studi rekan penulis Kaustubh Adhikari, sel dan perkembangan biologi di University College London, mengatakan dalam sebuah pernyataan. "Itu membawa kita lebih dekat untuk memahami bagaimana gen mempengaruhi cara kita melihat, yang penting untuk aplikasi forensik." 

Meskipun banyak orang berpikir bentuk hidung sebagai fitur murni estetika, peneliti menduga bahwa hidung yang berbeda bentuk berkembang dalam lingkungan yang berbeda, untuk alasan yang berbeda, penulis mengatakan.

"Sebagai contoh, hidung orang eropa relatif sempit dan telah diusulkan untuk mewakili adaptasi iklim yang dingin, kering," kata penulis utama studi Andrés Ruiz-Linares, seorang ahli biologi di University College London. "Mengidentifikasi gen mempengaruhi bentuk hidung dengan menyediakan kami alat-alat baru untuk memeriksa pertanyaan ini, sebagai evolusi wajah pada spesies lain."

Untuk mengetahui apa yang membuat hidung, para peneliti mempelajari hampir 6.000 orang dari Kolombia, Peru, Brazil, Chili and Meksiko yang telah berpartisipasi dalam studi CANDELA, studi berkelanjutan keanekaragaman hayati dari orang-orang yang tinggal di Amerika Latin. Orang-orang dalam studi memiliki campuran Kaukasia, Afrika, dan penduduk asli Amerika keturunan, menciptakan berbagai macam fitur wajah. Penelitian sebelumnya dari populasi ini telah mengidentifikasi gen yang membuat orang menjadi abu-abu.

Tim menganalisis fitur wajah para peserta, dan juga melakukan rekonstruksi 3D untuk 3.000 peserta, untuk mendapatkan pengukuran yang tepat dari fitur wajah mereka.

Kemudian, tim melihat genom-genom dari orang-orang ini, dan mengidentifikasi tiga gen yang dikenal untuk mendorong pertumbuhan tulang dan tulang rawan yang juga tampaknya untuk memprediksi bentuk hidung. Dua gen, yang disebut GLI3 dan PAX1, tampaknya memiliki dampak yang besar pada lubang hidung lebar, saat lain, yang disebut DCH2, pointiness dikendalikan hidung. Sebuah gen yang keempat, yang disebut RUNX2, adalah dikaitkan dengan luasnya hidung di jembatan.

Menariknya, tiga gen ini-GLI3, RUNX2, dan DCH2-tampaknya telah berubah selama perubahan manusia modern dari masa lalu, dibandingkan dengan pada masa-masa sebelumnya, seperti selama evolusi manusia kuno, termasuk Neanderthal dan Denisovans. Temuan ini menunjukkan bahwa gen ini telah berada di bawah tekanan kuat dari seleksi alam di masa lampau yang lebih baru, menurut para peneliti.
Tahukah Anda Bagaimana Hidung Kita Mendapatkan Bentuknya Tahukah Anda Bagaimana Hidung Kita Mendapatkan Bentuknya Reviewed by Prajnavati on 6:23 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.