Tidak Suka Berolahraga? Terapi Bicara Mungkin Bisa Membantu Anda

Jika Anda benci untuk berolahraga, Anda dapat mengambil manfaat dari jenis terapi bicara yang membantu orang-orang menerima perasaan negatif dan sensasi nyaman.

Beberapa penelitian terbaru menyarankan bahwa terapi ini, disebut penerimaan dan komitmen terapi (ACT), dapat meningkatkan tingkat aktivitas fisik orang-orang dan meningkatkan kebugaran pada mereka yang sebelumnya tidak berolahraga sama sekali.


ACT mengajarkan kesadaran, yang bertujuan untuk membuat orang lebih sadar pikiran dan perasaan mereka saat saat ini. Orang belajar bagaimana menerima sensasi fisik yang tidak nyaman dan kiasan "membuat ruang" untuk perasaan ini dalam tubuh mereka, menurut sebuah studi tahun 2015 undang-undang di Australia. Mereka juga belajar untuk mempertanyakan apakah pikiran (seperti "Latihan tak tertahankan") mungkin menghalangi tujuan mereka, dan belajar untuk melihat pikiran-pikiran ini untuk apa yang benar-benar mereka pikiran bertentangan dengan fakta-fakta nyata.

Orang juga belajar untuk mengidentifikasi nilai-nilai inti mereka dan didorong untuk terlibat dalam perilaku yang mendukung nilai-nilai ini. Mengidentifikasi nilai, atau makna perilaku yang dapat membantu orang-orang yang berkomitmen untuk perilaku, kata Emily Cox-Martin, seorang asisten profesor Kedokteran dan psikolog klinis di University of Colorado's Anschutz medis kampus yang melakukan penelitian ACT selama 10 minggu pada orang dewasa.

Sebagai contoh, jika seseorang mengatakan mereka ingin menjadi lebih kuat sehingga mereka dapat bermain dengan cucu mereka, "ini menunjukkan bahwa menjadi kakek-nenek aktif penting bagi mereka, dan nilai tersebut kemudian dapat terhubung ke perilaku [latihan] dengan cara yang memfasilitasi pengelolaan," kata Cox-Martin.

Cox-Martin mencatat bahwa ACT  "tidak berusaha untuk mengubah pikiran orang-orang tentang olahraga." Sebaliknya, "ini membantu orang memahami apa yang mereka nilai dalam hidup, dan kemudian bagaimana mereka bisa menjalani kehidupan yang konsisten dengan nilai-nilai tersebut," katanya.

Dalam studi Cox-Martin, yang diterbitkan pada bulan Oktober tahun 2015 ini, para peneliti menguji terapi ACTi pada 24 orang dewasa. Semua peserta mengambil bagian dalam program kebugaran yang melibatkan program pelatihan interval — berolahraga tiga kali seminggu — dan menerima ACT.

Para peneliti menemukan bahwa lebih dari 10 minggu, peserta hampir menyelesaikan semua sesi latihan yang diminta untuk melakukan (27 dari 30 sesi, rata-rata). Mereka juga meningkatkan waktu itu membawa mereka untuk berjalan sejauh satu mil lebih dari satu menit, dan meningkatkan mereka VO2 max, ukuran tingkat kebugaran aerobik.

Salah satu batasan dari studi adalah bahwa tidak ada kelompok kontrol. Dengan kata lain, para peneliti tidak membandingkan hasil dari kelompok yang menerima tindakan dengan kelompok lain yang tidak menerima ACT. Namun, kata para peneliti studi menunjukkan bahwa hal itu layak untuk menggunakan ACT untuk membantu orang-orang yang mencapai tingkat yang lebih tinggi aktivitas fisiknya.

Studi di Australia melibatkan 59 orang dewasa yang melakukan minimal jumlah aktivitas fisik. Para peneliti merekrut mereka untuk berpartisipasi dalam program 12-minggu yang bertujuan untuk mendapatkan mereka untuk hasil lebih. Sekitar setengah dari para peserta menerima sebuah DVD yang memerintahkan mereka dalam tindakan, sementara separuh lainnya tidak menerima pelatihan dalam ACT. Pada akhir penelitian, para peserta dalam kelompok ACT yang empat kali lebih mungkin untuk memenuhi pedoman latihan di Australia (mengambil langkah-langkah 3.000 dalam 30 menit, lima hari dalam seminggu) daripada orang-orang yang tidak menerima pelatihan bertindak.

Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan apakah manfaat bertindak dilihat dalam studi ini awal terakhir dalam jangka panjang, dan apakah temuan akan terus ada dalam studi yang lebih besar dengan jumlah penduduk yang lebih beragam.

Selain itu, studi akan melihat apakah program yang mengajarkan tindakan dapat diadopsi pada skala yang lebih luas, sehingga orang-orang dapat mempelajari keterampilan ini di rumah atau melalui aplikasi smartphone, daripada berpartisipasi dalam program resmi.

"Terapi penerimaan dan komitmen telah digunakan untuk membantu orang-orang yang mengubah perilaku kesehatan lainnya, seperti Merokok, menggunakan aplikasi smartphone, dan ini akan menjadi langkah yang benar-benar menarik, terutama mengingat bagaimana teknologi digunakan secara luas," kata Cox-Martin.
Tidak Suka Berolahraga? Terapi Bicara Mungkin Bisa Membantu Anda Tidak Suka Berolahraga? Terapi Bicara Mungkin Bisa Membantu Anda Reviewed by Prajnavati on 5:04 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.